Senin, 15 Desember 2014

The Evolution of Game

Hai hai hai folks! Hampir di penghujung perjumpaan kita di semester ini. The last but not least. We are about to talk about something exciting! The game development.. WOWWW
Seperti biasa kita akan membahas tentang sejarahnya lebih dahulu. Ada Console Game, Proses Pengembangan Game, dan Produksi Game.



SEJARAH!
Spacewar! pada tahun 1970 adalah game digital yag pertama. Masih belum masih masuk ke komputer sih.
Ada bentuk pertama dari video game. Yaitu Arcade Game yang pertama kali ada. Yang biasanya ada di Timezone, Amazone
The Galaxy Game pada tahun 71.
Space Invader 1978 sempat menjadi game nomer 1 selama bertahun -tahun. Selama kelamaan orang-orang bosan dan beralih ke PacMan 1980. Akhirnya pinball yang merajai dunia gamers.
Dari Arcade pindah ke rumah. Magnavox Odyssey - Atari - PC.
Lalu Online Game pertama tahun 1978
Lalu sempat perusahaan-perusahaan game banyak yang gulung tikar. Karena terlalu banyak membuat game dengan pengembangan yang sangat minim. Yaitu pada tahun 1983 sampai tahun 1985.
Kemudian melalui Nintendo, game kembali bangkit pada tahun 1985.

GAME KONSOL
Kita telah melalui berbagai generasi game. Mulai dari generasi pertama dengan Atari pada tahun 1972 (kasi gambar timeline)

Generasi 1 (1971-1977)
-Magnavos Odyssey

-Atari
-Nintendo Color TV Game

Di generasi ini juga terjadi crash pada tahun 1977. Terlalu banya konsol tua yang dijual.

Generasi 2 (1977-1983)
Sudah menggunakan mikroprosesor
Program yang ditanamkan
-Video Computer System (VCS)/ Atari 2600

-Intellvision
-Collecovision

Sekali lagi terjadi video game crash.
Atari mengubur jutaan cartridge E. T. the Extra-Terresterial di New Mexico. Asal folkers tahu bahwa Microsoft mulai menga

Generation 3 (1983-1995)
Diawali Famicom dari Jepang.
Contoh-contoh game yang ada pada zaman ini adalah Super Mario Bros, Rockman/ Megaman, Metal Gear, dll.
Diawali

Generasi 4 (1987-1999)
Era 16-bit
Neo Geo
Genesis dan ada juga super Nintendo.

Generasi 5 (1993-2006)
Era 32-bit dan 64-bit Di sini beatmania dan DDR. Contoh konsolnya adalah Atari Jaguar
Sega Saturn, SonyPlaystaion, Nintendo64.
Generasi 6 2007-??
Muncul kembali kontroler alternatif di samping gamepad seperti dance pad.
Era 128-bit nih. Contoh-contoh game nya Halo, GTA, Resident Evil 4, Kingdom Hearts. DEngan console nya adalah DreamCast, PS2, Nintendo GamCube, dan XBOX.

Generasi 7 2005-??
Budget development meningkat. Contoh-contoh game nya antara lain Wii Sport, COD, Halo 3, dll
Budget development meningkat. Contoh – contoh game nya antara lain wii sport,COD,Halo 3,dll
Muncul juga inovasi2 baru XBOX 360 dengan gambar HD dan controlerless Motion, dan Ninendo Wii dengan motion control.

Generasi 8 (2012-??)
Ditandai dengan Wii U dan disusul dengan XBOX One dan PS4. Untuk handheld hanya ada Nintendo 3DS dan PS Vita. Contoh-contoh game nya Titanfall dari Respawn Entertaintment. Uncharted 4 (Naughty Dog). Super Smash Bros. for Wii U (Sora Ltd. & Bandai Namco Games), Dragon Age
Game-game ini adalah game yang termasuk ekslusif yang artinya hanya terbatas pada konsol tertentu. Biasanya sampai beberapa tahun baru keluar di PC.
Generasi NEXT!?

Keluar console-console baru yaitu Ouya, Valve, NVidia Shield, dll.


Game Development Proccess
untuk membuat game langkah - langkah yang dibutuhkan pertama Ide > Proposal Game > Game Design > Pembuatan
Game development Life cycle ( GDLC)
Mirip dengan software development Life Cycle (SDLC)
            - Pre production = Tahap design
            - Production = tahap implementasi & testin
            - post -production = tahap maintenance
biasanya bisa didahului dengan tahap analitis

Pre production
Tahap perencanan project , biasanya berfokus pada ide dan konsep pengembangan dan biasanya menghasilkan dokumen desain seperti game design document (GDD), technical design document (TDD),dsb
dan boleh dibuat prototype untuk memperjelas ide game

GAME DESIGN DOCUMENT (GDD)
hal ini di lakukan dengan kolaborasi dengan designer, artists, programmer yang melakukan proses pembuatan ini
Struktur :
- Story = cerita dari game tersebut
- character = tokoh yang berperan dalam game tersebut, karakter utama,musuh dsb
- level/environment design = desain platform, lingkungan dari game tersebut
- gameplay = cara permainan secara umum
- art = konsep
- sound and music = suara efek dan musik yang mempengaruhi gampeplay dan cerita
- User interfacce dan game controls = tampilan yang memudahkan game untuk dimainkan (menu,save game,load game, dsb) (menu in game = health,mana, nyawa dll) dan control yang ditekan untuk menjalankan karakter
Technical Design Document (TDD)
dalam tahap ini dilakukan pemfokusan terhadap detail desain dan program.
contoh :
- aturan penamaan variabel pada proses programming
- efek partikel
- aturan pivot point koordinat karakter
- dimensi piksel dari art yang dibuat
- ukuran video, dan format yang digunakan
- dsb

Prototype
biasanya dilakukan untuk mempresentasikan ide pada tahap pre-produksi
dan biasanya dibuat secara singkat, biasanya prototype sudah bisa dimainkan (gameplay sudah terbentuk) tampilan biasanya tidak diperhatikan, beberapa bagian bisa digunakan pada proses produksi, atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

production
dalam tahap ini dilakukan implementasi dari pre produksi, termasuk mendesain tampilan,level dan codding dari game tersebut , memakan waktu lama biasanya minimal 12 bulan

Testing
Bisa dimulai kapan saja jika suatu fitur sudah selesai dibuat, tester baru mulai jika game sudah akan dirilis, tahap yang paling vital dari SDLC/GDLC namun sering diabaikan
contoh kasus adalah yang terbaru dari game Assassin's Creed : Unity
jika terjadi masalah biasanya dilakukan patch terhadap game tersebut
Status suatu game berdasarkan milestone :
- Alpha = disebut dengan feature complete : artinya fitur utama sudah lengkap tetapi aset belum
- Beta = disebut dengan feature and aset complete. hanya tahap meng fix bug yang tidak mencegah rilis suatu game, bisa closed atau open tergantung yang melakukan beta test
- Gold = rilis akhir
- Melibatkan game tester > Salah satu karir awal di dunia game
- kerja nya biasa seperti jam kantor dan bekerja di kantor
- tugas nya adalah main dan mencari semua keanehan di dalam game (bug, musuh terlalu sulit/mudah ,petunjuk jelas/tidak,dsb)
kegiatan nya selama playtest dapat direkam untuk di periksa lebih lanjut ( Keystroke,pergerakan mouse, reaksi pemain, dsb), Heat MAP

Heat Map adalah teknik yang digunakan untuk menganalisis suatu level (tempat pemain sering mati, sering mengakses dsb) bisa juga digunakan untuk analisis UI
Tahap Terakhir yaitu Post - production
game ini hanya untuk yang dijual dalam bentuk DVD dan tidak dikluarkan untuk game konsol tradisional.
biasanya tahap ini selalu digunaka pada game MMO (biasanya dilakukan untuk menambah fitur baru) termasuk dengan fix bug yang tidak ditemukan di tahap sebelumnya

Porting:
meluas pasar gamer, bisa dilakukan sbelum atau sesudah dirilis.
hati" gameplay - terutama control
terkadang banyak game yang kontrolnya tiap console tidak berbeda shingga pemakainan tombol membuat bingung.

GAME PRODUCTION
untuk membuat game diperlukan game engine, harus memfasilitasi rendering 3d, sound,scriopting,animasi,activision inteligence, networking,memory management,threading.
Contohnya: unity gae engine,cry engine 3,dunia engine,election,idTech,middleware
Middleware: subsystems digunakan untuk render tambahan agar bisa terlihat lebih realistis dan menarik
Future Tred
MMOG-p2p vs F2p
mobile games
social network game app
XNA,Game Maker,UDK ,Unity
untuk pemula kita harus bisa crowdfounding
untuk menjualnya
game indonesia
dread out(indieGoGo) , goblin vs zombies(kickstarter) , Calestian tales: old north(kickstarter) , Pale Blue(kickstarter).

ASSIGNMENT

1.       Game yang mimin  suka sekarang itu Game Dev Tycoon, di game ini kita disimulasikan jadi developer sebuah perusahaan game yang merintis karir dari awal konsol baru keluar hingga bisa menciptakan konsol baru. Nah yang membuat ketagihan walaupun sudah tamat itu, berbagai macam genre dan topic serta platform dari game yang bisa digabungkan, jadi walaupun udah tamat nih, tetep aja buat orang penasaran sama beragam kombinasinya, terlebih lagi disini kita bisa membuat custom game engine. Jadi makin seru deh pokoknya. Kelemahan dari game ini adalah graphicnya yang kurang bagus, dan animasi yang monoton.
B   Berikut Screenshot dari Game Dev Tycoon :
1. Main Screen dari Game Dev Tycoon

2. Tampilan Game Dev Tycoon

3. Menu Game Dev Tycoon

4. Proses Pembuatan game dalam Game Dev Tycoon

5. Profile mimin yang pertama, udah tamat hihihi^^


2.       Menurut saya GTA V tidaklah mengalami berzinah, itu semua tergantung dari para gamer yang memainkannya. Kalau yang memainkan anak kecil tentu saja harus di bombing dengan orang tua nya. Karena kita harus melihat dulu game ini di buat ditujukan kepada siapa, anak kecil kah atau dewasa atau semua umur? Jadi para game juga harus pintar dalam memilih game dan melihat rating game tersebut ditujukan kepada siapa.

3.       Menghilangkan Stereotip bahwa game hanya ditujukan bagi anak – anak? Menurut mimin nih tentu aja tidak setuju!! Karena game dibuat bukan hanya di tujukan untuk anak – anak, melainkan untuk semua umur. Dari anak kecil hingga orang dewasa, bahkan orang yang sudah lanjut usia pun bisa memainkan game. Karena game adalah sebuah hiburan yang memang dibuat untuk refreshing dan mencari kesenangan. Bahkan sekarang sudah menjadi suatu pekerjaan tetap. Dan lagi pada sebuah game rating itu diperlukan. Game tersebut ditujukan bagi semua umur,anak –anak atau orang dewasa. Dan cara yang termudah adalah, orang yang berpendapat game hanya untuk anak – anak haruslah mencoba bermain game terlebih dahulu, baru bisa megeluarkan pendapat seperti itu. Hehehe ^^

Sekian dulu deh dari mimin ya sahabat folks. Itu semua pembahasan mengenai game yang mimin dan teman – teman mimin dapet di kelas PTT. Sampai jumpa di artikel
Sumber : PPT PTT









0 komentar:

Posting Komentar