Sabtu, 01 November 2014

Audio

Hei folks! Jumpa lagi dengan kita… udah 2 minggu nih kita ga post artikel apa – apa. Maklum semua miminnya lagi abis uts sih… hihihi
nah sekarang pada artikel kali ini mimin mau bahas tentang Audio nih.
Nah audio itu sendiri terbagi menjadi banyak nih. Kalian pada seneng denger lagu kan? Ato nonton film? Ato bahkan nyanyi sendiri? Nah itu semua sudah termasuk audio loh. Coba deh kalian bayangin kalo kita nonton film tanpa adanya audio? Pasti agak gimanaa gitu kan? Hihihi
Audio itu sendiri sebenarnya terbagi menjadi beberapa macam teman – teman. Ada  digital audio,MIDI,acoustic dll. Nah kali ini mimin bakal bahas apa sih itu digital audio dan MIDI.
Digital Audio itu apa sih?
Sebuah suara biasa bisa disebut sebagai digital audio sendiri adalah ketika gelombang – gelombang dari suara tersebut di lambangkan dengan angka – angka. Nah proses nya tersebut disebut sebagai digitizing.
Digitizing itu sendiri melewati 2 tahap teman”. Yang pertama adalah sampling dan yang kedua adalah quantizing.
Sampling itu contohnya kalau kita biasa memiliki sebuah audio, nah di audio tersebut biasanya ada info tentang berapa kHz audio tersebut. Biasanya yang digunakan adalah 44.1 kHz, 22.05 kHz, 11.025 kHz.
Tingkat kualitas suara yang dihasilkan sama digital audio itu berdasarkan dari tingkat rekamannya teman”. Bukan dari media yang memainkan audio tersebut.
Jadi semakin besar tingkat sampling audio yang digunakan itu semakin bagus kualitas dari suaranya.
Berikut adalah gambar dari proses digitizing :


Apa sih itu MIDI?
Midi itu sendiri adalah kepanjangan dari Musical instrument digital interface.
Nah beda dengan digital audio, kalau midi nih dia dibuat dengan menggunakan angka – angka yang dari angka tersebut memiliki sebuah nada, lalu dari angka tersebut disusun sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah lagu.
Nah beda dengan digital audio, kalau midi itu bergantung dari media yang memainkannya, bukan dari tingkat rekamannya teman”. Kebanyakan midi ini dipakai pada sebuah web karena memiliki ukuran file yang sangat kecil.
Bagus nya midi ini sendiri adalah dia memiliki ukuran file yang kecil dan tidak mengubah kualitas suara ketika kita mau memotong/ mengedit dari file midi tersebut.
MIDI vs Digital Audio
Midi itu di ibaratkan seperti gambar vector, sedangkan digital audio itu seperti gambar jpeg yang terbuat dari pixel, nah ya begitulah ya bedanya :D
Kualitas suara MIDI berdasarkan dengan media yang digunakan sedangkan digital audio berdasarkan pada kualitas rekaman.
Midi memiliki ukuran file yang kecil, sedangkan digital audio bisa besar, bisa pula kecil.
Itu dulu ya teman – teman penjelasan tentang digital audio dan midi dari mimin, nah sekarang mimin mau kasih contoh beberapa audio format nih.
Contoh Audio Format
WAV
wav : wav itu sendiri adalah kepanjangan dari waveform. wav sendiri memiliki ukuran file yang sangat besar teman”.
Biasanya ukuran dari file wav adalah sekitar 10 MB / menit nya.  File wav ini biasanya digunakan pada CD / DVD lagu yang kualitasnya besar.
File wav ini sendiri teman”, sudah dikembangkan oleh Microsoft dan IBM dari lama, dan menjadi standar format audio pada windows.

OGG
ogg ini sendiri mungkin masih bisa disebut sebagai format file baru, karena mimin juga taunya sih baru beberapa tahun yang lalu. Hihihi :D
file ogg ini kalau yang mimin tau sih banyak digunakan pada audio untuk game, tapi biasanya digunakan juga sebagai audio nya video. File ogg ini mirip” kok sama file mp3.
MP3
Apasih kepanjangan mp3? Hayoo pada tau ga nih?
Mp3 itu adalah kepanjangan dari mpeg layer 3. Mp3 ini adalah format file yang paling umum teman”. Tau sendiri kan lagu – lagu yang kita dengarkan biasanya pakai format mp3. Hehehe
Mp3 ini memiliki tingkat bitrate berbagai macam loh teman”, dari yang terkecil 128 kpbs hingga 320 kbps. Semakin tinggi bitrate, semakin bagus kualitas suaranya. Jadi kalo temen” mau cari lagu, cari yang 320 kbps ya… hihihi ^^
WMA
Ada yang tau ga sih kepanjangan wma? Wma itu adalah windows media audio. Nah kalo yang satu ini adalah original dari Microsoft teman”. Eitss tapi windows media audio ini biasanya terproteksi dengan DRM sehingga ga bisa sembarangan tersebar. Hihihi
MIDI
Nah yang satu ini kan udah kita jelasin ya tadi :p
Midi ini sendiri dulu sekali banyak digunakan pada ringtone” hp. Mungkin sampai sekarang juga masih ya temen”?
Mimin mau share nih tempat buat download sound” yang gratis tanpa royalty.
http://www.freestockmusic.com/
http://www.purple-planet.com/
http://www.danosongs.com/
nah itu adalah web” gratis yang menyediakan sound secara gratis.

Untuk mengurangi pembajakan audio bisa diberlakukan sebagai berikut
DRM : digital rights management. Sama seperti license pada software tetapi DRM ini banyak digunakan pada audio




0 komentar:

Posting Komentar