Minggu, 07 September 2014

Teks dan Penggunaannya

Hai folks!

Pernah berpikir nggak sih sebenarnya mengapa font 'Comic Sans' ngga dipake untuk logo Pertamina? Atau mengapa Microsoft Office mengubah default font mereka dari Times New Roman ke Calibri? Hmm.. Yang sederhana aja deh. Mengapa judul berita mesti lebih besar dari isi beritanya?

Kita akan bahas semua tentang teks: asal muasalnya, jenis dan macamnya, tipografinya, dan penggunaannya. Tentu hal ini bakalan menhadi sangat sangat penting buat kamu-kamu, folksSo, check it out!



  • Media Komunikasi
Bayangkan tidak ada huruf! Sejarah tidak akan pernah tertulis..  Orang-orang akan tersesat di jalan.. Tidak ada perpustakaan.. Yang paling parah – dan mungkin menyenangkan – TIDAK ADA UJIAN TERTULIS!

Dari zaman dahulu manusia telah mengerti betapa pentingnya huruf (yang tertulis).

Huruf membentuk kata. Dan kata membentuk kalimat. Sehingga manusia dapat mengerti apa yang dimaksud oleh orang lain tanpa batasan ruang dan waktu.

Ada yang namanya surat menyurat antarnegara, e-mail, bahkan yang paling berkembang saat ini adalah media social yang sangat erat hubungannya dengan kata-kata. Seperti: BBM, Whatsapp, LINE, dll.
  • Perkembangan Huruf
Huruf pertama kali hanya berupa simbol. Muncul sekitar 3000 tahun yang lalu. 

Georg Scheder, menyampaikan bahwa sejarah huruf pertama kali muncul sekitar 3000 tahun yang lalu. Pada waktu itu, Bangsa Sumeria yang berada di daerah antara sungai Efrat dan Tigris (sekarang Irak), adalah bangsa yang pertama kali menciptakan dan menggunakan huruf-huruf paku yang merupakan cikal bakal dari lahirnya huruf pertama kali yang dikembangkan di dunia.


Pada 4000 SM, teks tertulis sudah ada di Mesir, teks tertulis tersebut terdapat di perpustakaan tertua di Mesir. Pada sekitar 5000 tahun yang lalu, di kawasan sungai Nil (Mesir) berkembang huruf hirogllip.


Pada awalnya huruf hiroglip merupakan tulisan murni yang dituliskan pada batu pada tahun itu. Dalam keterangan lain, sejarah huruf bermula di daerah Mesir Purba, yaitu sekitar tahun 2700 SM. Pada waktu itu, orang-orang Mesir purba membuat huruf hiroglip sebanyak 22. Hal ini dilakukan oleh mereka dengan tujuan untuk mempersembahkan konsonan individu dari bahasa yang mereka gunakan.

Sampai saat ini huruf paling sering digunakan adalah huruf alfabet yang sudah digunakan sebagai huruf internasional. Namun, tidak berarti huruf tidak berkembang lagi. Diferensiasi huruf sekarang pada bentuk fontnya.
  • Jenis Font
Font dapat digolongkan dalam beberapa jenis. Serif, sanserif, slabserif, script, dan decorative.

Font Serif dapat kita jumpai di banyak media cetak seperti novel, koran, dan . Ciri-ciri dari font serif yaitu memiliki serif. Serif itu dapat dianalogikan seperti ekor. Dengan adanya ekor-ekor yang berkemiripan pada setiap huruf tersebut menambah readibilty dan legibility kata yang dibentuk oleh font serif. Dibandingkan Sanserif, Serif lebih cocok digunakan dalam media cetak. Contoh font-font Serif antara lain Times New Roman, Trajan Pro, dan

Font Sanserif sedang ngetren di dunia desain sekarang yang mengedepankan konsep simple dan minimalis. Dapat kita jumpai di majalah-majalah fashion saat ini. Dibandingkan Serif, Sanserif lebih cocok digunakan dalam media digital. Contohnya seperti Futura, Tw Cen MT, Century Gothic.

Font Slabserif dapat dijumpai pada beberapa media cetak. Sebenarnya font jenis ini adalah perluasan dari Serif. Namun letak perbedaannya adalah serifnya yang lebih tegak lurus dan tidak melengkung seperti Serif. Terkesan lebih modern tanpa harus mengurangi legibility-nya.

Font Script (Handwriting) mengimitasi tulisan tangan. Terkesan alami meskipun sebenarnya tetap saja terlihat palsu. Digunakan pada media digital atau cetak untuk mewakili quotes atau perkataan-perkataan langsung.

Font Decorative. Font tidak harus selalu menuruti kaidah-kaidah font seperti keempat font di atas. Dapat juga font berbentuk hewan, berbentuk sketsa, 3D, dan lain-lain. Jenis font ini sering digunakan hanya untuk judul atau bagian yang disebut display text. Sangat tidak disarankan untuk body text.

Baiklah, sekian dulu yang 5Folks dapat share ke teman-teman sekalian. 
Semoga teman-teman semakin bijak dalam menggunakan font.

Comic Sans, I Hate You

Font Comic Sans konon katanya adalah font yang dibenci di seluruh dunia! WHY?!!
Ditanya setuju apa nggak, penulis menjawab: YES and NO. Tergantung dari perspektif mana melihatnya..

Mengapa 'NO'?
Penulis masih ingat font favorit teman-teman semasa SD, SMP, SMA salah satunya adalah Comic Sans. Jadi setiap kali ada tugas presentasi penulis jadi 'terpaksa' menikmati keindahan font Comic Sans yang paling otentik itu.
Jadi, TIDAK SELURUH DUNIA MEMBENCI COMIC SANS!

Mengapa juga 'YES'?

Coba kamu search Google: "Most Hated Font in The World"..
Comic Sans seakan-akan adalah jawabannya. Hampir memenuhi seluruh first page Google.
Memang. Jika dilihat dari perspektif desainer grafis (baik penikmat, amatir, maupun profesional) mereka sepakat bahwa Comic Sans tidak cocok untuk digunakan di produk desain manapun. Comic Sans terkesan tidak serius, menghilangkan prestise dan kesan elegan. Hanya orang-orang alay yang menggunakan font Comic Sans.

Bayangkan logo PERTAMINA diganti dengan font Comic Sans. How terrible it would be!

Apa ada font-font yang senasib dengan Comic Sans?
Banyak! Penulis pun setuju font-font ini bener-bener nggak cocok buat apapun dan dimanapun. Contohnya seperti Parpyrus, Algerian, dan Monotype Corsiva. Aneh banget deh..
Coba kamu cek sendiri di website yang satu ini:

Top 10 Most Notoriously Hated Fonts


Sekian dulu sih pendapat-pendapat 5Folks. Kalo ada sahabat yang masih berpendapat lain tidak dilarang.. Hahaha..

Subcribe us or leave comment! Thanks for reading…

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_huruf

0 komentar:

Posting Komentar