Sabtu, 06 Desember 2014

Internet & WWW

Alohaaa folks! Senang bisa berbagi dengan kalian lagi..
Sumber : http://www.5pillarz.com/wp-content/uploads/2014/01/internet.jpg

Tahukah kalian tentang “benda-benda” yang sering terlupakan padahal merupakan hal yang sangat penting buat kita, bahkan sudah menjadi kebutuhan utama penopang kehidupan. Hayooo, apa yaa.. Anybody can mention something??
Aku kasih tahu deh.. UDARA! Siapa sih yang gak butuh udara buat bernapas? Gak ada kan. Bahkan kalo kita makan sayuran aja mereka juga bernapas waktu hidupnya. Haha. Ada lagii.. Yaitu LISTRIK! Zaman sekarang mana ada orang yang bisa hidup tanpa listrik – kecuali beberapa orang, seperti orang Amish di Amerika? Gak ada kan.. Kayanya cukup dua hal itu ya? Ada lagi?
Hmm.. Ada lagi yang baru. Yang bikin seolah-olah manusia gak bisa hidup tanpanya, terutama anak muda zaman sekarang. INTERNET!! Ya kan?!
Nah, internet di masa depan akan semakin berkembang dan bisa-bisa menjadi pesaing udara dan listrik sebagai kebutuhan utama umat manusia. Wow..
Tapi pada bertanya-tanya gak sih, tentang asal mula internet pertama kali, dan siapa yang menciptakan?
Kita bahas satu-satu ya..
Internet pada mulanya dibuat pada tahun 1969 oleh pemerintah Amerika Serikat. Mereka menggunakannya untuk keperluan komunikasi di bidang pertahanan. Jaringan komputer yang dibuat melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency Network) ini bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluan TELEPON! Itu sebabnya, internet disebut dengan nama ARPANET.
Lebih berkembang lagi, pihak yang sama pada tahun 1982, membuat protokol yang lebih umum dipakai sebagai dampak protokol yang ada waktu itu tidak cukup lagi menampung jumlah titik yang semakin banyak.
Nah pada tahun 1950 muncuk yang namanya World Wide Web atau yang lebih kita kenal dengan singkatan WWW. WWW dibuat oleh Tim Bernes-Lee. 1995 internet dikomersialkan.
Dan berkembang terus hingga sekarang kita nikmati. Sekarang bukan hanya di dunia web. Banyak sekali cakupan internet. Di bidang komunikasi awal-awal kita disuguhi dengan Yahoo! Mail kemudian Yahoo! Messenger yang semakin memudahkan kita berkomunikasi. Lanjutt, masih inget friendster yang menjadi media sosial yang sempat digandrungi anak-anak muda. Meskipun masih harus mengenal sedikit bahasa-bahasa HTML untuk bisa memakainya tetap paling mengasikkan saat itu.
Lalu mulailah muncul Gmail dan Facebook yang semakin apik dalam desain UI nya.  Saya sih beralih ke Gmail karena Yahoo! Mail relatif lebih lambat ketika membuka email. Yang lagi in sekarang nih. Ada Twitter dan Instagram, social media yang bisa dikatakan “wajib” buat semua kalangan. Entah bisnisman, pemuda, pelajar, maupun perusahaan-perusaahan  besar, bahkan pemerintah, semuanya memanfaatkan twitter dan terkadang instagram untuk lebih dekat lagi dengan society (masyarakat).
Berita juga gak ketinggalan lho. Sekarang bukan cuma di koran atau TV, kita juga dapat menikmati berita terkini lewat internet. Semakin banyak portal-portal berita seperti merdeka.com, vivanews.com, metrotvnews.com, okezone.com.
Dunia gamers juga semakin berkembang berkat adanya koneksi internet yang semakin kencang. Makin banyak developer-developer game membuat game-game dengan spesifikasi tinggi baik di console maupun di PC.
Berkembang pula bisnis online yang memudahkan “bertemunya” penjual dan pembeli. Dengan lokasi yang sangat berjauhan mereka bisa melakukan transaksi yang aman dengan saling membangun kepercayaan. Kaskus.com (dulunya kask.us) memiliki cara yang unik sekaligus mutakhir untuk mengembangkan komunitas jual beli yang aman dan terpercaya dengan sistem forum serta adanya predikat pada akun-akun penggunanya.
Lebih lagi sekarang kita dapat menyimpan data-data dengan kuota yang cukup besar melalui cloud computing. Melalui dropbox, google drive, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu. Menyunting file secara online bersamaan pun dapat dilakukan
Wow. Hebat kan. Perkembangan teknologi melalui internet begitu luar biasa pesat dan membantu kehidupan manusia. Dampaknya gaya hidup manusia juga berubah.
Nah, sedikit nasihat buat folkers semuanya. Ingat bahwa pisau yang tajam dapat menghasilkan makanan yang super lezat, namun pisau yang sama bisa-bisa  menjadi alat untuk pembunuhan. Demikian juga dengan internet folks. Jadi, manfaatkan dengan tujuan yang baik tapi hindari pengaruh burukya ya guys.
Oke deh sekian dulu hari ini. Tangan udah keriting. Hahaha.
Seeya!
PPT Pengatntar Teknologi Telematika – Internet dan WWW

http://hermanwilliam.blogspot.com/2011/01/sejarah-tcpip.html

Tiga situs yang paling sering mimin kunjungi adalah :

1.       www.google.com
Di google banyak yang bisa dilakukan, terutama untuk mencari informasi. Karena google mencakup segala web yang ada jadi informasi yang diberikan selalu informasi terbaru. Dan juga bisa sebagai tempat mencari inspirasi buat tugas – tugas kuliah nih J hihihi… yang membuat ketagihan dari google ini adalah selalu mempermudah untuk mencari berbagai hal yang kita kurang mengerti (dalam konteks informasi).
2.       www.youtube.com
Di youtube kita bisa melihat berbagai macam video baik buatan orang maupun video dokumentasi. Ada juga video animasi dan music video. Bisa juga sebagai sumber hiburan karena jenuh melihat televisi, disini kita bisa melihat video kreasi dari orang – orang luar yang aktif dalam youtube, biasanya disebut youtubers. Nah mimin ketagihan banget sama web yang satu ini… kenapa? Soalnya mimin seneng banget liat video kreasi animasi dari berbagai macam youtubers contohnya aja kayak corridor digital, freedie wong, film riot, dsb. Selain itu youtube bisa jadi pusat edukasi dengan cara kita melihat video tutorial yang di upload oleh orang – orang.
3.       www.facebook.com
Kalo yang satu ini kayaknya kita semua udah pada tau ya… dan lagi kita semua juga punya account dari situs web yang satu ini kan… di web yang satu ini kita bisa melakukan banyak hal, seperti main game, bertemu teman lama, bertemu dengan orang yang belum sama sekali kita kenal, berkenalan dengan orang luar negeri,dsb. Yang membuat ketagihan adalah disini kita bisa tetap berinteraksi dengan orang – orang yang jauh dengan kita.

Apa itu URL & URI?
URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format tertentu yang ditujukan untuk menunjukan ke alamat web tertentu.
-          http:// adalah protocol dalam suatu URL
-          elearning.ubaya.ac.id/ adalah domain dari suatu web yang menunjukan suatu alamat atau nama situs
-          if/ adalah directory yaitu kategori atau label dalam sebuah website
-          view adalah sebuah perintah yang dilakukan untuk melihat suatu file dalam web
-          .php adalah suatu format file web yang digunakan untuk menampilkan web tersebut, termasuk dalam bahasa pemrograman web
-          ?id=32#week12 adalah perintah untuk membuka file dalam suatu web

10 Top Level Domain (TLD)
TLD adalah deretan kata yang terletak di belakang nama domain, untuk apa TLD itu? TLD digunakan untuk menunjukan penggunaan web tersebut
1       .com adalah TLD untuk perusahaan komersial (www.google.com)
2.      .edu adalah  TLD untuk institute pendidikan (www.educause.edu)
3.      .gov adalah  TLD untuk web pemerintahan (www.usa.gov)
4.      .mil adalah TLD untuk web militer (www.marines.mil)
5.      .net adalah TLD penyedia akses jaringan (www.asp.net)
6.      .org adalah TLD untuk organisasi non profit (www.wikipedia.org)
7.      .id adalah ccTLD yang digunakan untuk web berasal dari Negara Indonesia (www.games.co.id)
8.      .us adalah ccTLD yang digunakan untuk web berasal dari negara US (www.neustar.us)
 9.  .biz adalah TLD yang digunakan untuk kepentingan bisnis (www.whois.biz)
10.  .info adalah TLD yang digunakan untuk kepentingan informasi (www.info.info)

Nah sekian dulu ya dari mimin… itu tadi adalah bagian tugas mimin… hihihi J sampe ketemu di artikel selanjutnya ya… see you J

Sumber : http://www.nominate.com/domains/



0 komentar:

Posting Komentar