Selasa, 11 November 2014

VIDEO

Hei folks! Ketemu lagi dengan kita..., kalau kemaren kita sudah membahas artikel tentang Audio kali ini kita bakal membahas tengang Video.
Selain Audio, Video juga sangat diperlukan dalam dunia multimedia, karena video memiliki segala unsur” multimedia dalam menyampaikan informasi kepada orang-orang. Sebelum lanjut membahas lebih dalam tentang video mari kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana kerja video.
Video terbentuk dari pantulan cahaya yang berasal dari benda yang akan di tangkap dan diubah menjadi sinyal elektronik yang memiliki 3 saluran warna informasi dan sinkronisasi pulse(sync) oleh charge couple device (CCD).
Dalam dunia broadcast ada standart-standart video yang digunakan oleh setiap negara, yaitu sebagai berikut :

NTSC
NTSC adalah singkatan dari National Television Standards Committee. NTSC dipakai sebagai strandart transmisi televisi analog di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. NTSC di didirikan pada tahun 1953 oleh National Television Standards Committees sendiri, NTSC memiliki tangkapan resolusi 525 garis horisontal dengan 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame per detik (fps).

PAL
PAL adalah standart kedua dalam sistem televisi broadcast,PAL singkatan dari Phose Alternatif Line.PAL terdiri dari 625 garis horisontal dan 25 frame per detiknya (fps). sistem ini hampir digunakan oleh semua negara kecuali negara-negara di Amerika Serikat. PAL ini dikembangkan oelh Walter Bruch di Jerman pada tahun 1967.
dan PPT PTT

SECAM
SECAM singkatan dari System Electronique Pour Couleur Avec Memoire. SECAM adalah standart transmisi televisi analog yang dipakai oleh Perancis,Rusia dan daerah Afrika. SECAM memiliki resolusi yang sama dengan pal tetapi memiliki perbedaan pada sistemnya yaitu 50Hz pada garis resolusinya.

dan PPT PTT

ATSC
ATSC adalah singkatan dari Advanced Television Standart Comittee. adalah suatu komite yang mengatur tentang broadcasting televisi untuk memenuhi standart normal.
sumber : ppt ptt

Analog Video
Analog Video adalah proses perekaman video yang ditransfer oleh sebuah sinyal analog. video analog ini ketika digabungkan menjadi satu channel maka akan disebut menjadi video komposit, nah video komposit itu yang biasa kita sebut NTSC,PAL,SECAM
video analog memiliki kualitas yang tinggi dalam Digital Serial Interface (SDI), Digital Visual Interface (DVI), High Definition Multimedia Interface (HDMI) dan Display Port Interfaces.
Overscan, overscan ini terjadi kalo gambar yang ada di TV kita lebih besar dari standar layar TV kita. sedangkan kalo underscan ya kebalikannya, yaitu terjadi kalo gambar yang lebih kecil dari pada tabung gambar TV kita. sedangkan yang terakhir adalah title safe area, nah kalo yang ini adalah area aman, jadi gambar tidak terpengaruh dengan overscanning.

Sumber : PPT PTT dan http://en.wikipedia.org/wiki/Video

Digital Video
digital video itu adalah video digital terdiri dari berkas video dan pemutar video yang dapat mengenali berkas video.
nah dari digital video sendiri ada yang disebut sebuah CODEC, codec tersebut adalah algoritma komputer untuk mengenali file video itu sendiri. biasanya nih kalo yang umum seperti MP4,MKV,AVI dll


Sumber : PPT PTT

Komposit Digital
komposit digital ini menggabungkan cahaya dan informasi dari sinar kroma. nah sinyal yang masuk ini nanti diubah menjadi angka biner.
Komponen Digital
Format digital dari komponen D-1 yang dikompres sehingga punya kualitas gambar yang sangat tinggi. format komponen digital ini contohnya DCT,Digital format betacam, format DV,DVCPRO,DVCAM.

sumber : PPT PTT

TUGAS

5 Format Video yang Populer saat ini

 1. AVI(Audio Video Interleaved)
                AVI pertama kali dikenalkan oleh Microsoft pada tahun 1992, File AVI menyimpan data audio dan video pada struktur interleaved dan file ini  dapat dikompres menggunakan berbagai codec, tetapi  kualitas dan kapasitas tergantung pada codec dan secara khusus codec yang digunakan adalah MPEG, Divx atau WMV.

2.MPEG
                MPEG merupakan format yang di bentuk oleh 350 perusahaan dan organisasi dan distandardisasi oleh Moving Picture Experts Group.

3. 3GP
                3GP merupakan format yang biasa digunakan di ponsel, dan 3GP adalah format yang di tetapkan oleh Third Generation Partnership Project. dan ukuran berkasnya pun lebih kecil dari MPEG dan AVI.

4. FLV (Flash Video)
                FLV adalah wadah yang digunakan untuk mengirim video melalui internet menggunakan Adobe Flash Player, dan FLV memiliki dua format file video yang bereda didefinisikan oleh Adobe System dan didukung dalam Adobe Flash Player. Ukuran FLV lebih kecil dari AVI dan MOV, tetapi lebih besar dari SWF dan MPEG.

5. MOV
                MOV merupakan format video yang di terbitkan oleh Apple, yang berguna untuk membuat, mengedit, menerbitkan, dan melihat file multimedia. format file MOV dapat berupa animasi, 3D, video, grafis dan reality content

Sumber : http://ryndhinurcahyani.blogspot.com/2013/05/jenis-jenis-format-audio-video-dan.html

HDMI (High Definition Multimedia Inteface)



            Mungkin kita sebagai pengguna komputer atau teknologi sudah tidak asing lagi dengan istilah Bluetooth, USB, LAN. tapi apakah kalian mengenal istilah HDMI?, HDMI merupakan singkatan dari High Definition Multimedia Interface yang berguna untuk menghubungkan seluruh sumber audio atau video berbentuk digital seperti Blu-Ray Disc Player, PC, Video Game Console,  monitor computer dan televisi digital dengan satu  kabel.
*Berikut beberapa kelebihan HDMI:
1.      HDMI dapat mentransfer data lebih cepat dari pada perangkat lainnya yaitu 5GB/detik. Sehingga kualitas file yang dihasilkan akan lebih baik
2.      HDMI tidak melakukan kompresi sinyal karena bekerja secara digital.
3.      Dalam penggunaanya HDMI terasa lebih praktis karena pada kabel tunggal sebenarnya terdapat 19 kabel yang terbungkus pada sebuah kabel tunggal.

            HDMI ternyata juga memiliki beberapa jenis yang digunakan untuk mendukung perangkat yang dihubungkan. Seperti tipe Micro digunakan pada Smartphone.  Tipe Mini digunakan pada PC Tablet atau Gadget. Sedangkan tipe full size digunakan pada PC, Laptop, DVD Player, Televisi, dan lainnya.

            Pada mulanya HDMI dikenalkan pada Desember 2002 yang dikenal dengan nama HDMI 1.0. Pada setiap versi mendukung maximum pixel clock rate sebesar 165Mhz(4.95Gb/s bandwith).
Pada HDMI 1.1 ditambahkan fitur yang mendukung DVD audio
Pada HDMI 1.2 ditambahkan fitur yang mendukung Super Audio CD.
Pada HDMI 1.3 memiliki pixel clock rate hingga 340 Mhz 910.2 Gb/s bandwith) yang mampu menampilkan resolusi yang jauh lebih tinggi seperti WQXGA dengan resolusi maksimal 2560×1600. hebatnya, tetap menggunakan single digital link.
Pada HDMI 1.4 memiliki kelebihan resolusi 3D sampai 1080p dan resolusi maksimal definisi tinggi sampai 4096x2160 (bisa buat nonton di layar yang lebih besar daripada bioskop), Real Time Content Recognition(menyesuaikan pengaturan video secara otomatis berdasarkan pada perangkat yang terhubung), tambahan ruang warna( terutama untuk kamera digital, konektor microp dan mobil.
Kemampuan Audio
Selain kemampuan visual digital yang baik, HDMI juga memiliki kemampuan audio digital yang baik, Pada HDMI 1.0 sudah mendukung 8 channel LPCM (linear pulse code modulation) pada sampling rate hingga 192kHz dan 24-bit resolution. Sedangkan, pada HDMI 1.3 ditambahkan dukungan terhadap 8 channel surround-sound streams encode menggunakan algoritma kompresi Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio

Sumber : http://v-teknologi.blogspot.com/2012/08/apa-itu-hdmi.html

MENGAPA HARUS BLU-RAY DISC?

Karena blu ray disc adalah salah satu kaset dengan tingkat kualitas yang sangat tinggi. bisa dibilang terbaik, dan harga dari bluray disc dan dvd biasa tidak terpaut jauh. di Amerika orang - orang lebih memilih untuk membeli bluray disc dari pada harus membeli dvd biasa.

sumber : http://blujob.blogspot.com/2013/04/kenapa-bluray-disc.html

PERBEDAAN ANTARA HD-DVD DAN BLU-RAY DISC

Blu-Ray

- Blu-ray disc memiliki kapasitas sebesar 25 GB single layer
- Blu-ray memiliki tingkat kualitas gambar HD 
- memiliki kapasitas disc sebesar 50 GB dan resolusi 1080p
- penyimpanan data terletak pada bagian bawah

HD-DVD

- memiliki kapasitas 15 GB single layer
- penyimpanan data terletak pada bagian tengah
- Resolusi gambar biasa
- hanya memiliki kapasitas disc sebesar 8 GB dan resolusi 480p

Sumber : http://gaptekinfo.blogspot.com/2011/04/perbedaan-cd-dvd-hd-dvd-dan-blu-ray-mau.html

Perkembangan Digital TV di indonesia

Perkembangan televisi digital di indonesia berkembang secara perlahan, hal itu dilakukan dikarenakan untuk menghindari kerugian yang besar kepada operator televisi dan maskayarakat.
kerugian tersebut termasuk pembangunan infrastruktur yang baru untuk mendukung televisi digital terestrial yang cenderung mahal. Migrasi dari analog ke digital mulai dikembangkan di dunia internasional pada tahun 1990, dan uji coba penyiaran sudah dimulai pada tahun 2000. uji coba penyiaran di indonesia di mulai pada tahun 2006 yang dilakukan oleh PT Super Save Elektronik.
dari tahun 2006 -2009 sudah beberapa perusahaan operator televisi yang diijinkan dalam uji coba penyiaran televisi digital.dalam pergerakan ini beberapa stasiun televisi memasang iklan untuk mengajak masyarakat dalam pemakaian TV digital. selain itu banyak produk TV LCD maupun LED yang baru menyediakan fitur agar sinyal yang akan di tangkap adalah sinyal digital. Pemerintah punsudah mewajibkan semua stasuin televisi untuk berubah menjadi digital di tahun 2018 .

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Televisi_digital

0 komentar:

Posting Komentar